Tips Wisata Rombongan Murah & Terjangkau di Jogja

rumah seribu kayu jogja

Wisata rombongan murah

 Jogjakarta selalu menjadi tujuan wisata rombongan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Ulasan berikut ini akan menjadi panduan bagi Anda yang ingin ke Jogjakarta, dan jika ini adalah pertama kalinya Anda merencanakan perjalanan ke Jogja, semoga bisa membantu Anda merencanakan wisata rombongan Anda dengan baik.

CUACA

Indonesia adalah salah satu negara tropis di mana musim kemarau di Indonesia terjadi dari April-September dan musim hujan dari Oktober-Mei. Perubahan uaca global seperti satu dekde terakhir membuat perkiraan pembagian waktu cuaca tersebut seringkali tidak akurat.

AKOMODASI

SEGALA SESUATU di Jogjakarta itu relatif terjangkau termasuk mengenai akomodasi, asalkan Anda bisa memilih tempat yang tepat. Bahkan sebuah hotel bintang 4 di sini di Jogjakarta (termasuk dengan sarapan) harganya masih bisa kita dapatkan di harga dibawah Rp.1 juta. Akomodasi di Jogjakarta sangat terjangkau dengan ukuran kamar yang sesuai.

Biaya rata-rata untuk:

  • Hostel di Jogjakarta: IDR 100rb / malam
  • Hotel butik: IDR 200-350rb / malam
  • Hotel bintang 4 & 5: IDR 600k-IDR 1,5 juta / malam

Ada beberapa transportasi lokal yang umum digunakan: angkot (van komunal yang sederhana tanpa AC), bus lokal, taksi, becak, delman dan Trans Jogja. Trans Jogja cocok bagi Anda yang ingin menggunakannya sebagai transportasi jalan massal. Alternatif lain, Jogjakarta juga mendukung transportasi online seperti Uber, Grab Car, Go Car dan Gojek, itu benar-benar membuat semua perjalanan Anda di sana bisa lebih mudah.

MAKANAN DAN MENU KULINER LAINNYA

Mengutip lagu terkenal tahun 90-an KLA Proyek “Jogjakarta” yang menggambarkan suasana makan di Malioboro dengan gaya Lesehan di mana orang duduk di lantai tanpa alas kaki akan membuat wisata rombongan Anda kian berkesan.

Makan di Jogjakarta sangat murah. Beberapa makanan lokal Jogja yang harus dicoba adalah Gudeg, Lotek, Sate Klathak, Sate Petir, Mangut Lele, Ayam Geprek, makanan Angkringan & Lesehan dan masih banyak lagi. Sebagian Gudeg atau Lotek bisa didapatkan dengan harga murah Rp. 12.000 dan bisa dikombinasikan dengan jus jeruk lokal Rp. 4.000 saja!

Kedai-kedai kopi banyak terletak di sepanjang daerah Sudirman dan Prawirotaman, dan jika Anda suka makanan manis jangan lupa untuk mengunjungi kuliner Tempo del Gelato di Prawirotaman. Rasa, kualitas dan harganya sangat bersahabat.

Baca juga :

TIPS WISATA ROMBONGAN BIAR HEMAT

Normalnya, Jogjakarta sudah sangat murah sehingga wisata rombongan kondisi normal pun seharusnya tetap terjangkau dari sisi biaya. Namun demikian gambaran tentang cara lebih hemat ketika bepergian di Yogyakarta berikut ini bisa Anda coba.

#1. Ambil transportasi umum

 Cara paling mudah untuk menjelajahi Jogjakarta adalah dengan menyewa mobil (jika Anda datang dalam bentuk wisata robongan) atau dengan mengambil layanan Uber, Grab mobil atau Gojek jika Anda bepergian sendiri, tetapi jika Anda benar-benar ingin lebih berhemat lagi, gunakan saja transportasi umum lokal seperti Trans Jogja atau bus umum untuk menelusuri kota.

 Anda hanya perlu mempelajari pemetaan lokasi wisata yang ingin dikunjungi untuk mengetahui ke mana Anda pergi. Demi memberi pengalaman bagi peserta wisata rombongan, Anda bisa menggunakan becak atau delman di sana.

 #2. Wisata Belanjanya di Malioboro Saja

Malioboro adalah distrik perbelanjaan terbesar di Jogjakarta. Di sini Anda dapat menemukan pakaian tradisional, aksesoris dan kerajinan tangan sebagai oelh-oleh.

 Saya merekomendasikan pergi pada malam hari karena suasananya sangat berbeda, jauh lebih bebas memilih oleh-oleh, cuaca juga tidak panas, musik jalanan ada di mana-mana, orang-orang menari di jalanan dengan bergembira seperti tidak ada hari esok yang kelam. Dan tentu saja semua itu bisa jadi hiburan yang menyegarkan bagi peserta wsiata rombongan Anda.

 Selain itu, Malioboro adalah tempat di mana Mirota Batik berada, sebuah toko grosir besar, tempat dimana Anda dapat membeli pakaian, hadiah, makanan, minuman, produk kecantikan.

Mirota Batik ini sebenarnya juga merupakan bagi dari rumah dari Raminten, salah satu restoran lokal yang sangat populer dikalangan penduduk setempat dan wisatawan untuk salah satu pertunjukan sejenis Cabaret (pada Jumat dan Sabtu malam) yang menampilkan versi drag queen dari Jogjakarta.

Berkunjung ke tempat wisata dengan rombongan merupakan salah satu cara berhemat dalam mengisi liburan anda ke tempat tempat wisata. Ulasan diatas bisa membantu bagaimana Anda bisa berlibur ke Jogja dengan biaya terjangkau dengan tujuan wisata yang berkesan. 

Facebook Comments

Please rate this