Perbedaan Bus SHD dan HDD Interior, Eksterior dan Mesin

Perbedaan bus SHD dan HDD  : Karoseri Adiputro kembali membuktikan diri sebagai salah satu karoseri bus terbaik dengan mengeluarkan varian bus SHD dan HDD dalam beberapa tahun terakhir. Maka akan sangat menarik untuk membahas perbedaan SHD VS HDD termasuk bagian interior, eksterior dan mesinnya. Kedua jenis bus ini telah mendapat tempat yang istimewa di hati pelaku jasa transportasi umum di berbagai wilayah di Indonesia terbukti dengan digunakannya bus tersebut untuk melayani rute antar kota antar provinsi. Tidak salah memang jika kedua varian bus  tersebut mendapat sambutan positif sebab keduanya memang punya sejumlah fitur yang unggulan serta performa yang dapat diandalkan.

Ketika mengulas bus SHD vs HDD tentu harus diawali dengan kepanjangan dari kedua nama tersebut. Beberapa orang awam tentu tidak terlalu familiar. SHD merupakan singkatan dari Super High Deck sedangkan HDD merupakan singkatan dari High Deck Double Glass.

Perbedaan bus SHD dan HDD  Eksterior, Interior dan Mesin Bus SHD

Bus SHD

Dari namanya saja, bus SHD sudah dikenali sebagai model bus yang punya ketinggian dek yang lebih dari biasanya. Tidak salah, bus ini memang dirancang sedemikian rupa dengan dek yang berukuran lebih tinggi dari bus standar untuk dapat menampung lebih banyak penumpang dan barang. Maka tidak heran jika model bus ini sekarang sangat digandrungi oleh pelaku jasa transportasi umum dan diandalkan sebagai moda transportasi antar kota bahkan antar pulau. Menyoal keistimewaah bus SHD tentu jawabannya akan cukup banyak.

Keistimewaan yang pertama adalah desain lantai kabin penumpang dengan ketinggian yang melebihi rata-rata. Desain khusus ini memungkinkan penumpang serta pengendara bus untuk menikmati pemandangan secara lebih lega dan leluasa selama perjalanan. Hal ini tentu menyenangkan sebab penumpang juga akan merasa lebih nyaman ketika berada di dalam bus. Desain inilah yang tidak lain menjadi alasan bus SHD kerap dipilih untuk digunakan sebagai bus eksekutif apalagi dengan ditunjang sejumlah fitur keamanan dan hiburan yang paling canggih.

Bus SHD mempunyai lebar 2.500 mm, tinggi 2.820 mm dan panjang 12.800 mm. Dari ukuran ini dapat terlihat jelas bagaimana bus ini mempunyai body yang lebih panjang dibanding bus lain pada umumnya. Lebih jauh lagi, bus ini punya kaca depan yang terbagi menjadi dua bagian. Kaca bagian bawah diperuntukkan supir sedangkan kaca bagian atas diperuntukkan para penumpang agar dapat menikmati pemandangan yang luas selama dalam perjalanan. Meskipun deknya terbilang tinggi namun bus Double Decker tetap mempunyai ukuran dek yang lebih tinggi.

Eksterior, Interior dan Mesin Bus HDD

rental bus jogja

Big bus yang baru-baru ini mencuri perhatian di ajang GIIAS 2015 adalah bus HDD atau High Double Deck Glass. Bus ini bisa dibilang merupakan saingan terberat bus model SHD meskipun sama-sama dikeluarkan oleh karoseri Adiputro. Nah, tentu sangat menarik untuk melihat sejauh mana bus HDD ini berbeda dengan bus SHD. Salah satu perbedaan bus SHD dan HDD adalah pada bagian depan bus tepatnya pada bagian kaca. Bus HDD memilih Single Wiper untuk kaca bagian atas dibandingkan Double Wiper dikarenakan luas bidang kaca yang lebih pendek dibandingan bus SHD. Oleh karena itu, Single Wiper lebih pas untuk digunakan. Ternyata Single Wwiper juga banyak digunakan di varian model bus SHD besutan beberapa karoseri lain seperti misalnya Rahaya Santosa, Tentrem, Morodadi dan juga Nusantara Gemilang.

Menginjak ke bagian tengah, bus HDD tampil dengan desain kabin dek yang lebih tinggi bila dibandingkan bus lain pada umumnya sama sepertinya halnya kabin di dalam bus SHD. Sehingga, hal ini memungkinkan penumpang untuk dapat menikmati pemandangan selama perjalanan secara lebih leluasa. Ketinggian bodi bus juga cukup diatas rata-rata yakni sekitar 380 hingga 385 cm lebih tinggi dibandingkan dengan bus lain pada umumnya. Bus HDD pada umumnya menggunakan chassis keluaran Mercedes Benz dan Hino seperti Mercedes Benz OH1526 dan juga Hino RN.

Jika dibandingkan dengan bus SHD, bus HDD punya ketinggian kabin yang lebih rendah. Selain itu, perbedaan bus SHD dan HDD yang lain dapat terlihat pada bagian grillnya. Lebih tepatnya, bus HDD punya jumlah grill belakang yang lebih sedikit dibandingkan dengan bus SHD.

Facebook Comments

Please rate this