Perbedaan bus ekonomi, VIP dan eksekutif

Perbedaan bus ekonomi, VIP dan eksekutif : Layanan transportasi umum di Indonesia pada khususnya bus telah menjadi salah satu jenis transportasi umum yang paling diminati apalagi dengan bertambahnya ragam bus beserta fasilitasnya untuk memanjakan setiap penumpang. Kabar baiknya adalah tersedia beberapa jenis kelas bus berdasar fasilitasnya sehingga penumpang bisa memilih yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan. Adalah bus ekonomi, VIP dan eksekutif yang lazim tersedia di Indonesia. Kali ini, perbedaan Layanan bus akan dikupas secara lebih detail sebagai informasi umum dan bahan pertimbangan Anda ketika memilih jenis bus yang akan digunakan.

Perbedaan bus ekonomi, VIP dan eksekutif  : Bus Kelas Ekonomi

KURSI

Mari kita mulai dengan kelas bus yang paling bawah yakni bus kelas ekonomi. Membedakan bus ekonomi vs VIP terbilang cukup mudah sebab terdapat perbedaan fasilitas yang cukup mencolok diantaranya keduanya. Bus kelas ekonomi banyak dipilih dikarenakan tarifnya yang paling murah dan terjangkau meskipun fasilitas yang tersedia terbilang terbatas. Beberapa detail fasilitas yang disediakan diantaranya adalah konfigurasi kursi penumpang 3-2. Konfigurasi ini memang cukup padat sehingga bagian kursi yang tersedia untuk setiap penumpang tidak terlalu luas. Maka, Anda harus bersiap-siap untuk duduk berdempetan dengan penumpang lain apalagi jika keadaan bus sedang penuh. Dengan konfigurasi sedemikian rupa, bus ini mampu menampung jumlah penumpang maksimal hingga 59 orang. Konfigurasi kursi di dalam kabin merupakan salah satu perbedaan bus ekonomi, VIP dan eksekutif.

Bus kelas ekonomi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Yang paling murah adalah jenis bus kelas ekonomi tanpa fasilitas pendingin udara atau AC dan tanpa toilet. Bus ini paling banyak digunakan untuk melayani rute pendek antar kota yang bisa ditempuh dalam hitungan satu atau dua jam saja. Menaiki bus ini memang tidak terlalu nyaman namun tarif murahnya yang menjadi alasan bus kelas ini banyak diminati oleh penumpang kelas menengah ke bawah. Sedangkan bus kelas ekonomi dengan fasilitas pendingin udara memiliki konfigurasi kursi yang berbeda yakni 2-2 sehingga lebih nyaman namun tetap tidak disertai dengan fasilitas toilet di dalam bus. Bus ini mampu mengakomodir penumpang hingga 49 orang di dalam kabin. Bus kelas ekonomi sendiri sebagian menggunakan bis bus sedangkan sebagian yang lain menggunakan medium bus (baca big bus vs medium bus).

Bus Kelas VIP

 

Harga sewa bus

Lalu bagaimana tampilan fasilitas bus VIP? Sebenarnya bus VIP punya sejumlah fasilitas yang cukup memadai meskipun masih kalah jika dibandingkan dengan bus eksekutif. Salah satu perbedaan bus VIP vs Eksekutif adalah konfigurasi kursi yang tersedia di dalam kabin. Bus VIP menawarkan konfigurasi kursi 2-2 sehingga dapat menampung hingga 28 penumpang di dalam satu bus. Konfigurasi ini memungkinkan penumpang untuk menikmati tempat duduk dengan ruang kaki yang cukup luas sehingga menambah kenyamanan. Di dalam kabin juga tersedia sejumlah fasilitas penunjang lain seperti pendingin udara taau AC, selimut dan bantal, pengatur tempat duduk, toilet, servis makan gratis, fasilitas Wi-Fi, pemutar musik dan juga layar LCD.

Dengan sejumlah fasilitas tersebut maka bus yang digunakan untuk bus kelas VIP pun juga bukan sembarangan. Bus SHD merupakan salah satu bus yang akhir-akhir ini banyak diminati untuk digunakan sebagai bus VIP. Tiket bus ini biasanya ditawarkan dengan harga hingga 2x lipat lebih mahal dibanding kelas ekonomi. Bukan hal yang aneh sebab bus ini memang punya sejumlah fasilitas yang menambah tingkat kenyamanan di dalam bus selama perjalanan.

Bus Kelas Eksekutif

dashboard

Ini dia kelas bus yang dibanderol dengan harga yang paling tinggi yakni bus eksekutif. Bahkan, tersedia juga bus kelas super eksekutif dengan segudang fasilitas yang canggih. Maka tidak heran jika bus ini dibilang sebagai bus paling elit dalam dunia jasa transportasi umum darat yang tersedia. Di dalam kabin, bus ini menawarkan konfigurasi 2-1 untuk penumpang yang tentunya sangat menjamin kenyamanan selama perjalanan mengingat setiap penumpang mendapat bagian kursi dengan ruang kaki yang luas. Selain itu, setiap kursi juga mempunyai foot rest atau pijakan kaki khusus agar penumpang tidak merasa pegal ketika harus menempuh perjalanan selama berjam-jam. Tidak hanya itu, tersedia juga sejumlah fitur hiburan seperti layar LCD untuk setiap kursi penumpang yang menjadi salah satu dari sejumlah perbedaan bus ekonomi, VIP dan eksekutif.

Facebook Comments