Oleh oleh Jogja yang paling banyak sering dan banyak diminati wisatawan

Oleh oleh Jogja yang paling diminati wisatawan

Ketika bepergian ke suatu tempat, tentu saja banyak kolega, teman atau saudara yang ingin Anda membeli sesuatu yang terkait dengan tujaun wisata Anda tersebut. Termasuk saat anda berkunjung ke Jogja. Wisata Jogja tidak saja kaya akan tempat wisata, tetapi juga karya seni yang bernilai tinggi.

Setiap daerah di Indonesia, tak terkecuali Jogja memiliki banyak suvenir dan oleh-oleh yang khas dan unik dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Selain memiliki beberapa objek wisata yang bagus, Anda juga bisa mendapatkan beberapa souvenir indah  yang bisa dijadikan oleh-oleh jogja berikut ini:

  1. Batik

Hal pertama yang cocok dijadikan oleh-oleh  di Yogyakarta adalah Batik. Batik, salah satu busana khas Indonesia yang sudah terkenal di dunia. Dengan begitu banyak motif yang berbeda, Batik adalah hal pertama yang harus dibeli di Yogyakarta, terutama untuk Batik Jogja. Anda dapat menemukan batik seperti ini di Malioboro atau tempat lainnya.

Beberapa Batik memiliki motif hasil cetak, dan ada juga yang tulis. Uniknya, Batik Jogja adalah buatan tangan, dibuat oleh alat kecil yang disebut Canting. Untuk mendapatkannya, Anda bisa pergi ke toko Batik Mirota, toko batik yang terkenal di seluruh wilayah Jogja. Harga Rata-rata: Rp100.000, –

Baca juga: Wisata Pendidikan Jogja yang jarang dikunjungi

  1. Blangkon

Ingin tahu oleh-oleh Jogja selanjutnya yang unik?

Benda itu bernama Blangkon. Anda dapat mengkombinasikan satu set Batik Anda dengan Blangkon ini. Blangkon adalah topi tradisional yang digunakan dalam beberapa acara atau upacara.

Jika Anda sudah bepergian ke Yogyakarta, Anda harus ingat untuk membeli Blangkon ini di beberapa bagian kota seperti Keraton atau mungkin beberapa masjid.

Blangkon terbuat dari kain Batik, itu sebabnya Anda bisa mengkombinasikan satu set kemeja Batik dan blangkon di suatu tempat yang motifnya sama. Tidak sulit untuk menemukannya di Yogyakarta. Anda dapat dengan mudah menemukannya di toko suvenir dan juga toko-toko seni.  

Harga Rata-rata: Harga mulai dari Rp 20.000, – hingga Rp 50.000, –

  1. Kerajinan Perak

Apa lagi yang harus dibeli di Yogyakarta selama kunjungan wisata kesana? Selain batik dan blangkon, mereka juga dapat menemukan keindahan kerajinan perak Yogya.

Ada begitu banyak toko yang menjual kerajinan perak, dan biasanya mereka membuatnya sendiri. Mereka adalah penjual dan sekaligus produsen kerajinan perak tersebut.

Misalnya aja, Anda dapat menemukan kerajinan perak yang indah di beberapa daerah di Yogyakarta, seperti yang bisa dilakukan di Kotagede. Daerah itu terletak sekitar 5 kilometer dari pusat kota. Tidak hanya membeli kerajinan perak di sana, Anda juga bisa melihat langsung cara pembuatannya.

Anda juga dapat memesan salah satu kerajinan perak tersebut dan melihat atau mendokumentasikan bagaimana mereka membuatnya. Tempat Mendapatkannya: Di beberapa kabupaten di Yogyakarta.

Pusat Kerajinan Perak di Kotagede, Yogyakarta. Harga Rata-rata: Rp100.000, –

Baca juga: Tempat Wisata Liburan Rombongan di Jogja

  1. Wayang (Wayang)

Hal berikutnya yang harus dibeli di Yogyakarta adalah Wayang. Wayang ini bukan boneka biasa yang Anda temukan di Amerika atau Eropa, karena Wayang ini adalah boneka datar yang terbuat dari kulit, terutama sapi.

Ada beberapa pertunjukan Wayang di Jawa, terutama di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Biasanya mereka mengadakan pertunjukan sepanjang malam. Jadi tidak heran, orang berkumpul di malam hari, dan pulang saat dini hari atau pagi hari.

Cerita ini biasanya terkait dengan cerita Mahabarata, yang berisi banyak karakter menarik yang banyak diketahui penduduk setempat. Tempat Mendapatkannya: Beberapa toko seni di Yogyakarta atau seniman jalanan.

Harga Rata-rata: Harga berdasarkan kualitas kulit dan dekorasi. Mulai dari sekitar Rp15.000, – hingga yang terbaik Rp150.000, – atau lebih.

  1. Tembikar Tradisional

Hal terakhir yang harus dibeli di Yogyakarta adalah tembikar. Selain penggunaan sebagai peralatan memasak, tembikar juga berguna untuk mendekorasi beberapa ruangan di rumah Anda. Yogyakarta juga memiliki beberapa tembikar tradisional, dibuat dengan kualitas terbaik dan dengan teknik buatan tangan.

Anda dapat menemukan beberapa contoh tembikar di pasar tradisional di Yogyakarta, tetapi jika Anda ingin melihat produsen tembikar terbaik, Anda harus pergi ke daerah Kasongan yang terkenal itu.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan beberapa contoh tembikar di pasar tradisional di Yogyakarta. Di sana Anda dapat menemukan beberapa tembikar yang dapat Anda pilih.

Tempat Mendapatkannya: Desa Kasongan dan pasar tradisional. Harga Rata-rata: Rp75.000, – atau lebih.