Kuliner bersejarah dan legendaris di Jogja [Patut dicoba]

kuliner bersejarah jogja

Kuliner bersejarah di Jogja

kota Jogja selalu mengundang para pelancong dari berbagai penjuru nusantara untuk selalu kemabali. Apalagi ditambah dnegan reputasi kota Jogja yang kaya akan jajanan yang ringan di kantong, pasti akan menambah acara jalan jalan anda tentunya.

Buat yabg domisili Jogja dan sekitarnya maupun para petualang yang akan mengunjungi kota kesayangan ini, ada tempat makan yang memilki kuliner bersejarah di Kota Jogja. Di artikel ini kami akan membahas daftar kuliner apa saja yang bersejarah di Kota Jogja ini, yuk simak sebagai berikut :

  1. Mie ayam Bu Tumini

Untuk para penggila bakmie CS, tidaklah cukup kalau hanya sekedar jalan jalan tanpa menikmati mie setmpat. Tak kecuali di Jogja, Mie ayam Bu Tumini dengan kuah coklat yang tidak biasa dan lauk ayam atau ceker siap jadi teman makan siang yang sangat mengasikkan untuk anda.

Mie ayam Bu tumini lokasinya ada di Jalan Imogiri No. 187 Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY buka mulai pukul jam 10 pagi samapi jam 5 sore. Dengan harga berkisar 8 ribu sampai 10 ribu rupiah

Baca juga :

  1. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Jalan jalan ke malioboro asyiknya menikmati landmark terkemuka Jogja di tambah dengan menyantap gudeg yang ada di jalan Sosrowijayan. Gudeg ini merupakan gudeg legendaries dan merupakan raciakn rahasia dari mbah lindu yang kini usianya sudah hamper 100 tahun yang sudah berjualan sejak ia remaja, jadi anda jangan heran kalau antreannya gak habis habis. Lokaisnya ada di Jalan Sosrowijayan Sosromendung, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DIY mulai buka pukul jam 5 pagi sampai jam 11 siang

Dengan harga mulai dari 15 ribu saja.

  1. Saoto Bathok Mbah Katro

Anda tidak salah baca, memang kuliner saoto ini kuliner solo yang mengandalkan harmoni kuah bening dan kenyal daging sapi. Disajikan dalam bathok ( tempurung kelapa) dengan pelengkap berupa tempe goring, sate usus, atau sate telur puyuh sambil makan di lesehan, wisata kuliner dan budaya lengkap di kedai saoto ini. Lokasinya ada di Jalan Candi Sambisari 6, Purwomartani, kalasan, Kabupaten sleman, DIY. Mulai buka pukul 6 pagi samapi jam 4sore, dengan harga mulai dari 5 ribu per porsi.

  1. Sate klatak pak Bari

Saat muncul di film AADC 2 tempat makan ini menjadi sangat ramai dari baisanya. Akan tetapi memang rasanya begitu enak, empuk, dan gak bau khas kambing. Uniknya, sate klatak ditusuk tiak menggunakan tusuk sate dari bamboo biasa melainkan dari jeruji sepeda. Apalagi jika disantap denga gulai kambing yang panas, makin mantap jika anda menikmatinya di udara dingin. Lokasinya ada di PAsar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur 5 Wonokromo, Pleret, Bantul, DIY.

  1. Es Buah PK

siapa sih yang tidak suka dengan es Buah? Apalagi di santap di kala cuaca panas dan terik. Warung es buah yang menempati tenda kaki lima ini termasuk kuliner bersejarah di Jogja karena sudah ada sejak 44 tahun yang lalu. Es buah ini yang selalu bikin orang rela antre ini terdiri dari isian nagka, cincau hitam, sawo, kelapa muda, alpukat, susu coklat dan parutan es. Lokasi nya di Jalan Pakuningratan  76A Cokkrodiningrat, Jetis, Jogjakarta DIY. Muaki buka pukul jam 9 pagi sampai jam 6 sore, dengan harga mulai dari 8 ribu saja.

Itulah macam kuliner bersejerah di Jogja yang patut anda coba jika sedang ebrkunjung kesana. Terimakasih , semoga bermanfaat

Facebook Comments

Please rate this