Perjalanan Bisnis Karoseri Adiputro

Sisi lain Karosero Adiputro

PT. ADIPUTRO WIRASEJATI merupakan pemilik usaha karoseri adi putro yang berdiri sejak 1973 dan mulai resmi didirikan di Malang pada tahun 1975.

Perusahaan ini telah mengembangkan bisnis karoseri secara besar-besaran pada tahun 1994 denagn menjalin kerjasama dengan salah satu produsen bus terbesar dan terkemuka di Jerman. Melalui kerjasama ini perwakilan dari PT Adi Putro dikirim ke Jerman untuk belajar.

Karoseri Adi Putro beroperasi di Malang, tepatnya di 35 Jalan Raya Balearjosari, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Kekuatan karoseri Adi Putro yang terkenal luas adalah produk yang Inovatif, Kontrol kualitas tinggi, Teknologi mutakhir dengan berbagai produk unggulan terbaru seperti Jetbus MCT, Jetbus 2 MC, Jetbus 2+ MD, Jetbus 2+ HD, Jetbus 2+ SHD, Jetbus 2+ SDD.

Baca juga: Tempat Sewa Minibus di Jogja

Awalnya Adi Putro telah berdiri sejak 1973 membuat mobil pick up yang dimodifikasi menjadi kendaraan transportasi penumpang.

Saat ini, karoseri adiputro juga memproduksi bus dan minibus dengan kapasitas produksi hingga 125 unit bus dan 100 unit minibus dalam sebulan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dari seluruh Indonesia. Untuk menjaga kualitas mereka, tim R & D dan insinyur dari karoseri Adiputro secara berkala belajar di Jerman untuk memperbarui diri dengan teknologi baru.

Tidak banyak orang tahu bahwa bisnis karoseri Adiputro yang besar ini diprakarsai oleh beberapa pendiri perusahaan ketika mereka bekerja di sebuah dealer otomotif.

Mereka melihat peluang ketika permintaan tinggi untuk transportasi penumpang yang semakin meningkat di pasar pada waktu itu. Kemudian mereka memutuskan untuk memodifikasi mobil pick-up menjadi kendaraan transportasi penumpang.

Keberhasilan awal mereka dalam memenuhi permintaan pasar kemudian memotivasi mereka untuk menggunakan semua sumber daya yang tersedia dan memulai sebuah usaha karoseri kecil pada tahun 1973. Melalui bengkel kecil ini mereka mulai memproduksi lebih banyak mini bus selama dua tahun. Pada tahun 1975, karoseri AdiPutro resmi didirikan di Malang, di mana masih beroperasi sampai hari ini.

Apa yang dimulai sebagai sebuah lokakarya kecil dengan dua produksi mini bus diatas ternyata menjadi awal sejarah yang mengesankan bagi perkembangan karoseri Adiputro kedepannya.

Saat ini AdiPutro telah mencapai sesuatu yang dianggap tidak terpikirkan kembali oleh para pendiri pada tahun 1973. Sejak awal AdiPutro menyadari pentingnya menjaga standar kualitas tinggi bagi pelanggan mereka.

Oleh karena itu AdiPutro terus meningkatkan keterampilan baru dalam pekerjaan mereka serta menambah mesin-mesin baru.

Pada tahun 1982 AdiPutro berinvestasi dengan membeli mesin-mesin baru untuk menciptakan kualitas FULL PRESSED BODY dalam karoseri. Pada 1986 mereka mengadopsi sistem lukisan OVEN dalam produk karoseri mereka.

Bahkan sejak 1994 Adiputro telah bekerja sama dalam bentuk MOU dengan perusahaan otomotif Jerman. Kontrak ini membuka peluang besar bagi AdiPutro untuk menjangkau pasar otomotif Asia Tenggara.

Melalui kontrak yang sama, AdiPutro juga dapat mengirim insinyur terampil mereka untuk pelatihan di Jerman. Sejak itu, AdiPutro dikenal karena kualitasnya yang top di bidang karoseri dengan pengakuan internasional.

Bahkan karoseri Adiputro juga siap menyambut tren baru dalam dunia otomotif dimana untuk pertama kalinya dalam sejarah, pasar mobil Indonesia pada tahun 2016 mulai menawarkan bus dengan kategori berat di atas 24 ton.

Data GAIKINDO menunjukkan, pada 2016 penjualan bus di atas 24 ton mencapai 106 unit. Pada tahun-tahun sebelumnya, bus pasar domestik bus banyak dimeriahkan oleh kategori 5-10 ton dan 10-24 ton. Adapatasi terhadap unit bisnis baru tersebut sudah mulai dilakukan agar kedepan Karoseri Adiputro bisa ikut berkembang dengan semakin berkembangnya jaman.

Tren penggunaan bus sebagai angkutan umum memiliki nilai lebih. Bus dapat mengantarkan penumpang ke titik lebih jauh, terutama dalam perannya dalam mendukung transportasi terintegrasi dengan moda lain seperti kereta api (stasiun), kapal (pelabuhan), dan pesawat (bandara).

Visi karoseri Adiputro adalah melihat diri mereka memiliki potensi terbaik, dan mereka merasa tidak pernah kurang.

Mereka harus bisa selalu berinovasi. Mereka juga harus mampu melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain dengan terus memberikan perbaikan kualitas dan Kualitas Terbaik.

 

Facebook Comments

Please rate this